Tinjauan Yuridis Peran Bank Sampah Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Upaya Pencegahan Lingkungan Di Kota Pekanbaru

El Syabrina

Abstract


Bagaimana Tinjauan Yuridis Peran bank sampah dalam pengelolaan sampah sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan di kota pekanbaru dan bagaimana hambatan dalam pengelolaan sampah sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan di kota pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa peran Bank Sampah dalam pengelolaan sampah sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan di Kota Pekanbaru belum dapat dilaksanakan secara optimal. Peran Bank Sampah dalam pengelolaan sampah di masyarakat belum berjalan secara maksimal dikarenakan adanya beberapa hambatan sebagai berikut : Pandangan masyarakat yang menganggap sampah sebagai benda yang tidak berguna lagi dan tidak memiliki nilai ekonomi. Tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya, Kurangnya minat masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan pengelolaan sampah rumah tangganya sendiri dengan cara melakukan pengumpulan dan pemilahan sampah, Masih terbatasnya ketersediaan tenaga kerja yang bersedia membantu dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah sebagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan.

Keywords


Bank Sampah, Pengelolaan, Pencemaran lingkungan

Full Text:

PDF

References


Abraham, Razii. 2017. “Model Simulasi Dinamik Pengelolaan Sampah Padat Permukiman Berbasis Program 3R di Kota Bogor (Tugas Akhir).” Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kuncoro Sejati, 2009, Pengolahan Sampah Terpadu dengan system node, sub point dan center point, Penerbit kanisius, Yogyakarta

Ricki M. Mulia,2005, kesehatan Lingkungan, Cetakan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Nunung Nurhayanti, 2013, Pencemaran Lingkungan, Cetakan Pertama, Yrama Widya, Bandung

Tresna Sastrawijaya,2009, Pencemaran Lingkungan, Cetakan Kedua,Rineka Cipta, Jakarta

Kholil. 2005. “Rekayasa Model Sistem Dinamik Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Nirlimbah (Zero Waste) Studi Kasus di Jakarta Selatan (Disertasi).” Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Jurnal

Anih Sri Suryani, 2014, “Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang)”, Jurnal DPR

Anggraini, Fitrijani. 2011. “Aspek Kelembagaan pada Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah Regional.” Jurnal Permukiman 6 (2)

Cai, Lin, dan Ying Liu. 2013. “Application of system dynamics for municipal waste management in China: a case study of Beijing.” In Conference Proceedings of the 31st International Conference of the System Dynamics Society

Giannis, Apostolos, Miaoju Chen, Ke Yin, Huanhuan Tong, dan Andrei Veksha. 2017. “Application of system dynamics modeling for evaluation of different recycling scenarios in Singapore.” Journal of Material Cycles and Waste Management 19 (3): 1177–85. https://doi.org/ 10.1007/s10163-016-0503-2.

Popli, Kanchan, Gamal Luckman Sudibya, dan Seungdo Kim. 2017. “A Review of Solid Waste Management using System Dynamics Modeling.” Journal of environmental science international 26 (10): 1185–1200. https:// doi.org/10.5322/JESI.2017.26.10.1185.

Zulfinar, Zulfinar, dan Emenda Sembiring. 2015. “Dinamika Jumlah Sampah Yang Dihasilkan Di Kota Bandung.” Jurnal Tehnik Lingkungan 21 (1): 18–28. https://doi.org/10.5614/jtl.2015.21.1.3.

INTERNET

https://www.goriau.com/berita/baca/jumlah-penduduk-besar-pekanbaru-berwacana-menjadi-megapolitan-pekansikawan.html

https://www.pekanbaru.go.id/p/news/bank-sampah-induk-hijau-lestari-segera-menjadi-anak-perusahaan-daerah

https://www.jogloabang.com/lingkungan/permen-lhk-14-2021-pengelolaan-sampah-bank-sampah




DOI: http://dx.doi.org/10.30652/jih.v11i2.8305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Hukum has been indexed by:


Jurnal Ilmu Hukum  is an open access under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC-BY-SA license)