TINJAUAN HUKUM PENGENAAN BIAYA TAMBAHAN DALAM TRANSAKSI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KARTU MELALUI MESIN ELECTRONIC DATA CAPTURE (EDC)

Jaquelin Fransisca Warauw

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengenaan biaya tambahan yang diberikan kepada konsumen dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) dan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk pengawasan Bank Indonesia terhadap merchant-merchant dalam transaksi pembayaran melalui mesin Electronic Data Capture (EDC). Tipe penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang dikaji dengan menekankan pada penemuan fakta-fakta di lapangan yang dijadikan dasar oleh penulis sebagai data yang diperoleh sesuai dengan kenyataan yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dalam penelitian selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.Hasil penelitian menemukan bahwa penegakan hukum atas pengenaan biaya tambahan yang dibebankan kepada konsumen dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) belum berjalan sebagaimana ketentuan undang-undang. Hal ini disebabkan oleh faktor hukum, sikap pasif dari Acquirer untuk menjatuhkan sanksi kepada merchant, sarana dan prasana yang masih kurang untuk memberikan informasi dan sosialisasi kepada konsumen dan pelaku usaha, serta sikap konsumen yang sebagian besar menerima pengenaan MDR. Pengawasan Bank Indonesia terhadap merchant-merchant dalam transaksi pembayaran melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) adalah meliputi pengawasan preventif yakni pemberian sosialisasi dan edukasi baik secara langsung maupun tidak langsung kepada seluruh masyarakat dan pengawasan represif dilakukan melalui laporan yang disampaikan oleh bank penyelenggara hingga pemberian sanksi terhadap bank/acquirer yang tidak  melaksanakan ketentuan di dalam PBI maupun ketentuan-ketentuan hukum lainnya.

 

Kata Kunci : Biaya Tambahan, Electronic Data Capture.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30652/jih.v9i1.7863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Hukum has been indexed by:


Jurnal Ilmu Hukum  is an open access under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC-BY-SA license)