Perlindungan terhadap Hak Cipta Tari Bungo Inai Karoteh sebagai Cerminan Pemberlakuan Norma Adat pada Perkawinan dalam Masyarakat Adat di Desa Simalinyang

RISKA FITRIANI

Abstract


Upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat adat melayu terhadap pelestarian budaya berkaitan dengan upaya perlindungan Hak Cipta Tarian Inai Karoteh Dalam praktiknya di Desa Simalinyang tari inai karoteh merupakan syarat dalam upacara adat perkawinan namun ada juga yang tidak menampilkan tari inai karoteh, hal ini akan dipertanyakan oleh pemuka adat. Penerapan persyaratan dalam bolek adat di Desa Simalinyang berdasarkan hukum adat yang berlaku Tradisi upacara perkawinan yang merupakan ritual warisan turun temurun dari nenek moyang, dan perlu adanya upaya untuk melestarikan dan mengetahui fungsi tari tradisi yang ada didaerah salah satunya pada Desa Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri adanya kewajiban ditampilkannya tari inai karoteh. Hal ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan turun temurun dan sebagai salah satu syarat yang harus ada pada upacara perkawinan.

Keywords


Hak cipta, Norma dan Perkawinan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30652/jih.v6i1.4036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Hukum has been indexed by:


Jurnal Ilmu Hukum  is an open access under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC-BY-SA license)